ketika matang itu tiba

  warsito suwadi (sitosuwadi@yahoo.com)

Proses pemasakan pada buah-buahan menjadi satu contoh sebuah kematangan akan selalu mengalami sebuah proses. Kita ambil contoh misalnya pisang. Dari yang berwarna hijau dengan warna buah yang putih setelah mengalami kematangan akan mengalami transformasi warna dan rasanya. Warna kulit menjadi kuning segar atau agak kuning tua, demikian buahnya menjadi manis.

Ketergesaan kadang memetik batunya. Apa yang kita nikmati bila kita tak sabar menunggu pisang hingga sampai matang. Walaupun sudah tua misalnya, pisang tersebut masih berasa hambar dan belum manis tentunya. Maka proses pemeraman yang benar atau kita tunggu sampai matang pohon adalah saat yang terbaik bagi kita untuk menikmati lezatnya buah pisang.

Proses dari pohon pisang yang kecil sampai berbuah hingga saat kita menunggu dengan sabar sampai buah tersebut tua dan matang.  Baik di peram ataupun dibiarkan matang dipohon ternyata adalah sebuah proses yang bisa dibilang lumayan lama. Kesabaran dan ketawakalan kita untuk memupuk dan menghalau segala hama dan penyakit yang menyerangnya, yang mampu mempersembahkan kenikmatan tersebut

About salwanaz
Kontak saya di: itosuwadi@gmail.com, facebook:warsito suwadi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: