selamat tinggal bangsa tempe

  Warsito Suwadi (sitosuwadi@yahoo.com)

 tempe-crop.jpg

Saatnya julukan bangsa tempe atau bermental tempe kita tinggalkan, selain berkonotasi negatif bermental lemah, ternyata buat bangsa ini harga tempe seperti tak terjangkau lagi sebagai lauk yang murah yang masih bisa dinikmati kalangan terendah bangsa ini. Penyebabnya adalah harga kedelai  dunia yang cenderung naik, sehingga dampaknya harga kedelai yang di impor dari Negara Amerika serikat melonjak di dalam negeri. Hal ini memacu kenaikan yang berdampak multi effect sampai pada produk akhir yaitu tempe dan tahu.

Ironis terasa, bahwa negara yang berbasis agraria mempunyai permasalahan pada produk pertanian yaitu kedelai. Demikian juga kondisi dan ketahanan pangan kita yang masih lemah, yaitu cadangan beras kita yang masih perlu didukung dengan produk impor, demikian juga gula dan produk pertanian lainnya. Lalu apa yang bisa kita hasilkan dari bumi yang terkenal dengan kesuburannya sejak berabad-abad lampau, ataukah kesuburan itu telah habis karena kebodohan dan keserakahan sebagian rakyat ini.

Begitu besar ketergantungan kita pada bangsa lain sehingga tanpa kemandirian, kejujuran dan keberanian. Bangsa ini hanya menjadi bulan-bulanan bangsa lain yang telah berbuat nyata. Dan sudah waktunya kita melepas inferior kita sebagai bangsa tempe yang lunak dan lemah, sebab dalam segala hal kita didukung untuk menjadi bangsa yang besar. SDM, SDA kita masih bisa dimanfaatkan untuk kebangkitan bangsa ini, namun mentalitas bangsalah yang memegang kunci penting untuk meninggalkan eforia bangsa tempe ini.

About salwanaz
Kontak saya di: itosuwadi@gmail.com, facebook:warsito suwadi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: