Tak Jemu Ku Menunggu

Menunggu adalah satu pekerjaan yangn sangat menyebalkan bahkan menguras stamina. Menunggu membuat orang cepat marah, kesal dan tidak sabaran. Hati ini menjadi begitu sakit karena kekesalan yang menggunung. Apalagi menunggu sesuatu yang tidak tepat sesuai janji. Lebih-lebih menunggu yang tidak ada satu arah kepastian yang jelas.

Menunggu kadang menjadi sesuatu yang mengasyikkan, penuh harap, penuh ketidakpastian, penuh dengan kesetiaan. Menunggu dengan satu kesabaran dan keyakinan penuh bahwa sesuatu yang kita tunggu pasti akan datang.

Bagi yang telah terbiasa naik bis, pekerjaan menunggu merupakan pekerjaan hampir setiap hari baik pagi maupun petang. Pekerjaan menunggu menjadi pekerjaan yang menyita ketenangan hati apabila bisnya jarak jauh serta peminatnya banyak. Kadang dengan penantian yang memakan waktu yang lama ternyata bis telah penuh hingga kita tak punya kesempatan untuk terangkut, akibatnya kita harus menunggu lama lagi.

Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, sehingga banyak orang uring-uringan dan cepat naik pitam, teruskah kita diperbudak dari efek menunggu. Tentunya kita tidak mau. Akhirnya kita harus menyikapinya dengan sedikit kreatif dan menguntungkan.

Menunggu dalam penantian dan pengharapan akan selalu dialami oleh setiap orang,  mulai dari harus menantikan dan menunggu bis, surat panggilan kerja, menunggu teman yang telah berjanji di suatu tempat, bahkan menunggu kapan jodoh kita akan menghampiri dan menjelang. Semuanya menjadi saat-saat yang mengesalkan dan membuat putus asa bila kita tidak hati-hati mensikapinya.

Allah telah memberikan fenomena-fenomena kehidupan yang beragam, dari peredaran bumi mengelilingi matahari dalam susunan tata surya, demikian juga planet-planet yang lain, semuanya beredar dalam lintasannya, lintasan-lintasan tersebut berbeda satu dengan yang lainnya baik jarak tempuh dan tempat lintasan beredarnya. Tak dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi bila garis edar bumi dan pluto misalnya sama baik waktu tempuhnya maupun tempatnya  maka sangat dimungkinkan terjadinya tabrakan. Demikian juga lintasan-lintasan penantian kita mempunyai jalur dan waktu tempuh yang berbeda-beda,  akankah kita merebut dan memaksakan lintasan yang bukan milik kita. Sedang bukan tidak mungkin dengan agak panjangnya waktu edar giliran kita, Allah akan memberikan janji terbaiknya buat kita.

Allah telah mengatur tata kehidupan ini sedemikian rapinya, hal-hal yang telah dijanjikan oleh Allah pasti akan ditunaikan sesuai dengan jatah yang kita miliki, mengenai waktu dan tempatnya Allah yang mengetahui pasti. Kesabaran adalah  salah satu wasilah dan senjata untuk kita agar  dapat menghadapi penungguan yang membosankan dan  menjadikan penantian yang menyenangkan. Kesabaran akan janji Allah, membuat kita tak menghabiskan energi hanya untuk menunggu semata, tetapi dengan kesabaran dan keyakinan terhadap janji Allah maka kita akan bisa menggunakan potensi dan tenaga untuk mengisi penantian dengan hal-hal yang bermanfaat, sehingga ketika hal yang kita tunggu telah datang, kita tidak canggung dan merasa berat.

Sesungguh sholat dan sabar adalah sebagai penolong kita. Ketika kita menunggu bis misalnya, kita bisa mengalihkan energi untuk membaca buku, ketika kita sedang menunggu panggilan kerja kita bisa belajar dan banyak membaca serta berlatih sehingga kemampuan kita semakin bertambah.

Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditunaikan, maka dengan kesabaran kita jelang masa penuai janji tersebut dengan amal-amal yang produktif dan konstruktif. Wallahu’alam bishshowab.  (warsito suwadi)

About salwanaz
Kontak saya di: itosuwadi@gmail.com, facebook:warsito suwadi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: